apa itu wkpdLabs

jadi, ini semua sebenarnya berasal dari sebuah ‘masalah’. saya merasa ada banyak ide yang muncul di kepala saya dan saya gak tau harus dikemanain. biasanya malah saya lupa akan ide itu dan akhirnya gak berguna sama sekali.

saya setuju dengan pendapat bahwa ide itu murah.

apa yang mahal? selain ide. ada eksekusi, strategi, pengembangan program dan macam-macam hal lain yang biasanya memperkuat ide tersebut.

bukan berarti ide itu gak ada harganya, hanya saja ide tidak akan berarti apa-apa tanpa eksekusi.

oleh karenanya, blog ini dibuat. blog ini nantinya akan berisi berbagai ide yang, pada awalnya, berasal dari kehidupan saya sendiri. ide yang mungkin akan lebih berguna ditangan para developer Indonesia yang canggih-canggih. lebih bisa berkembang dan digunakan oleh banyak orang. syukur-syukur bisa memberi manfaat.

ide yang ada tentunya akan lebih berkutat pada dunia teknologi, khususnya yang berhubungan dengan internet. baik itu aplikasi web atau mobile.

ini baru perjalanan awal, saya punya mimpi besar untuk format wkpdLabs, tetapi saya tidak tahu akan ada perkembangan apa di masa mendatang. mimpinya tentu saja membuat wkpdLabs ini menjadi platfrom bagi para pengembang dan semua pihak yang tertarik untuk membuat produk yang keren, berguna dan bisa meningkatkan kualitas hidup yang kini kita hadapi. terdengar muluk? bagi saya tidak, karena tujuan adalah sebagian dari perjalanan, jika kita punya tujuan setidaknya kita punya semangat untuk berjalan, berkembang dan mengarahkan kemampuan kita untuk sebuah hasil.

nantinya saya akan membuat dua kategori ide, yang pertama adalah ‘ide bebas’ dan yang kedua adalah ‘ide project’.

ide bebas adalah ide yang tidak terikat akan hak sama sekali, artinya semua ide yang masuk ke kategori ini saya bebaskan untuk diambil, dikembangkan atau dimodifikasi. tidak ada royalti atau hak cipta. semua bebas mengembangkan jika tertarik dengan ide tersebut.

ide project bersifat lebih agak tertutup. ide yang masuk ke kategori ini tidak akan saya publikasikan detailnya, tetapi akan ada semacam tanda bagi mereka (para developer atau pihak lain) yang ingin mengembangkan untuk melakukan kontak, berkolaborasi dan mengembangkan secara bersama. apakah dalam bentuk tim atau kerja sama lain, itu bisa diperbincangkan selanjutnya.

bagaimana dengan aspek bisnis? well, tujuan saya membuat blog ini tidak memirkirkan aspek uang sama sekali. jika ada ide yang digunakan kemudian menghasilkan uang, silahkan para pengembang yang menikmati. jika ide tersebut kemudian menjadi sebuah startup, semoga mendapat user yang banyak dan bisa menjadi bisnis berkelanjutan.

eksplorasi masih terbuka lebar. ini juga menjadi semacam eksperimen bagi saya sendiri untuk membuat sebuah platform. meski terdengar klise, tujuannya sederhana, membuat layanan yang keren dan digunakan banyak orang. jika tidak ada yang menggunakan, yah, at least bikin layanan yang keren lah.

sampai bertemu di ide berikutnya. mari hura-hura bikin apps! :)

ps: untuk sementara, teman-teman yang tertarik atau punya ide lain, bisa mengontak saya di wikubaskoro@gmail.com.

catatan: tulisan ini pertama kali dimuat di wkpdlabs.tumblr.com 17 Oktober 2012.

13. January 2013 by wikupedia
Categories: etc | Tags: , , | Leave a comment

Leave a Reply

Required fields are marked *