bisa ngga ya memindahkan ‘favorites’ dari layanan twitter? (Updated)

akhirnya muncul juga ide pertama yang akan saya share di blog wikupedia labs ini. meski awalnya saya cukup ambisius akan menghadirkan berbagai ide yang awal kemunculannya berasal dari kebutuhan saya yang tidak terpenuhi ketika bekerja sebagai blogger, namun berbagai kesibukan membuat saya harus menunda ide-ide tersebut.

sebagai awal, saya ingin mengajukan pertanyaan sekaligus mungkin memberikan ide untuk layanan atau aplikasi yang mungkin bisa dikembangkan oleh siapapun orang yang membaca tulisan ini.

pertanyaannya sederhana: adakah cara untuk memindahkan atau mengekspor tweet favorites yang telah dilakukan di akun twitter ke layanan lain sehingga bisa dikumpulkan dalam satu tempat?

pertanyaan di atas muncul karena saya sering kali kesulitan untuk mencari tautan artikel yang sudah saya favorite-kan sebelumnya di twitter.

saya menggunakan twitter sebagai sarana mencari informasi, dari akun media atau dari akun pribadi. ada kalanya berita yang dibagikan atau muncul di timeline begitu deras sehingga tidak sempat membaca satu persatu, alhasil saya favorit saya semua tweet atau link yang saya anggap menarik.

tentunya ada beberapa layanan yang bisa memecahkan persoalan ini seperti aplikasi Pocket. namun masalahnya muncul ketika saya tidak sempat atau kelupaan untuk membuka layanan Pocket. belum lagi bagaimana dengan berbagai tweet yang sudah di diberi tanda bintang ini yang belum sempat atau tidak dimasukkan ke layanan Pocket.

berhubungan twitter sudah menjadi meja kerja jadi rasanya agak kurang sreg kalau harus mem-favorites dulu tweet, lalu share ke Pocket dan membacanya nanti atau langsung di share ke Pocket untuk dibaca nanti. dalam bayangan saya akan lebih mudah jika semua di kumpulkan dulu di favorites lalu secara berjangka di ekspor jika suatu waktu membutuhkan lagi link atau tweet tersebut.

sebenarnya ada pula layanan bookmark yang bisa digunakan untuk menyimpan link artikel tertentu, namun tentu saja apa yang dibagikan di twitter tidak semua link, meski tentu kita tetap bisa menyimpan link tweetnya, tetapi lagi-lagi sepertinya akan lebih mudah untuk mengumpulkan di satu tempat dahulu kemudian memindahkannya nanti.

sebagai catatan, saya belum mempelajari API twitter dan tidak tahu apakah apa yang saya impikan untuk ada ini bisa dilakukan atau tidak. dan tentunya perilaku penggunaan twitter akan berbeda antara satu dengan yang lainnya, namun bagi saya sepertinya akan cukup dimudahkan jika ada layanan yang bisa menjadi satu tempat untuk semua tweet favorites saya dengan proses perpindahan yang mudah, tidak perlu memindahkan satu persatu. dan jika proses ini memungkinkan dilakukan, bisa jadi fiturnya bisa digeser tidak hanya untuk favorites saja, tetapi juga DM, mention atau tweet lain. mirip dengan chirpstory tetapi dengan proses yang bisa di atur, tidak harus satu persatu.

well, itu dia pertanyaan dan mungkin sedikit ide tetang layanan yang saya dan mungkin orang lain butuhkan. sebenarnya ide ini sudah pernah saya share di twitter dan ada teman saya yang bertanya lebih lanjut dan kabarnya ingin menjadikannya sebagai salah satu fitur di layanan yang mereka kembangkan.

jadi, ada yang punya jawaban atas pertanyaan saya di atas? atau memang layanan ini tidak memungkinkan dibuat? atau sudah ada layanan lain yang memimiliki fungsi serupa namun saya sendiri belum mengetahuinya?

update:

setelah menuliskan artikel ini, ada diskusi dengan beberapa teman saya di Twitter dan akhirnya merujuk ke layanan RebelMouse.com. sebuah layanan yang cukup menarik karena setelah kita mengaturnya akan menarik secara otomatis berbagai Tweet dan RT ke sebuah halaman khusus yang ditampilkan a la Pinterest.

sebuah layanan yang menarik. kalau misalnya layanan ini bisa menarik juga tweet yang sudah di-favorite-kan, masalah yang saya ajukan di atas bisa sedikit terpecahkan.

ini halaman rebelmouse saya sebagai contoh. https://www.rebelmouse.com/wikupedia/

update 2:

teman saya Aloysius Adrian memberitahukan lewat twitter bahwa aplikasi Favs (untuk iOS dan OS X) bisa melakukan apa yang saya inginkan di atas. saya mencoba aplikasi ini, dan ternyata benar! semua ‘favorite’ saya di twitter bisa saya lihat di aplikasi ini.

Favs akan mengkoneksikan akun twitter dan sync semua yang kita ‘favorite’ ke dalam inbox di aplikasi. ada banyak layanan lain yang bisa kita koneksikan, beberapa diantaranya Flickr, Pocket, YouTube, dll. tampilan aplikasi untuk iOS sangat sederhana dan fokus pada penyimpanan konten yang sudah kita ‘favorite’. bahkan kita juga bisa membaca tautan (jika ada) yang masuk di ‘favorite’ tersebut.

ini jadi mengingatkan saya pada layanan pocket, tetapi untuk bukan untuk konten yang ‘disimpan’ tetapi ‘di-favorite-kan’.

Intinya Favs akan nge-sync berbagai konten yang kita ‘favorite’, kita hanya perlu mengkoneksikan layanan yang ingin di-sync dengan Favs.

Hanya saja aplikasi dijual dengan harga yang lumayan, untuk aplikasi iOS $2.99 dan untuk Mac $9.99. Selain itu selama mencoba aplikasi ini saya belum bisa menemukan cara atau fitur yang bisa meng-convert atau mengirimkan semua ‘favorite’ dalam satu daftar, misalnya ke email dalam bentuk plain teks. namun kita bisa mengirimkan tautan ‘favorite’ ini secara satu persatu, termasuk membagikannya ke twitter dan beberapa layanan lain seperti email.

meski demikian, saya pikir peluang untuk mengembangkan layanan seperti ini masih terbuka luas, selalu menyenangkan jika punya alternatif lebih dari satu bukan?

yang tertarik dengan Favs bisa cek di tautan ini.

update 3:

saking senangnya karena menemukan yang bisa nge-sync favorite dari twitter saya kurang jeli melihat beberapa kekurangan di aplikasi favs. percakapan antara teman saya @amasna dan @basibanget ini memperlihatkan beberapa kekurangan dari favs.

terlalu girang dengan favorite baru ternyata saya kurang jeli melihat bahwa favs mengurutkan favorite (setidaknya untuk yang di twitter) berdasarkan waktu tweet bukan waktu kita nge-favorite. artinya jika ada tweet dua hari yang lalu baru kita favorite-kan sekarang, maka tweet tersebut akan disusun sesuai dengan tanggal tweet tersebut, tidak ada di posisi atas tweet yang baru di favorite-kan.

lalu saya alpa juga melihat bahwa tidak semua tweet yang saya favorite ada di favs, dari 3000 lebih hanya ada 900-an yang ter-sync. bisa jadi ini dikarenakan batas yang disediakan twitter untuk ‘menarik’ favorite dari twitter.

tapi bagi saya setidaknya favs bisa menjadi alternatif untuk melihat favorite dari twitter (layanan lain belum saya coba) untuk favorite terbaru. meski yang lama tidak muncul.

catatan: tulisan ini sebelumnya dimuat di wkpdlabs.tumblr.com, tanggal 27 Oktober 2012.

13. January 2013 by wikupedia
Categories: ide, news | Tags: , , | 2 comments

Comments (2)

  1. IFTTT. if this then that.

    • hmm, IFTTT bisa ya? dulu sempat mencoba untuk post otomatis tapi kurang sreg.

      sebenernya yang gw butuhin itu kayak favs tapi dengan keluwesan yang lebih, misal mengeksport menjadi teks atau daftar dokumen jadi bisa disimpan di google docs atau mungkin di eksport ke evernote atau aplikasi – layanan pengingat lainnya.

Leave a Reply

Required fields are marked *