[#blogDojo] Visi dalam Blogging

Pertemuan pertama #blogDojo membahas berbagai hal yang saya kelompokan dalam ‘Dasar’. Di pertemuan ini para peserta akan diajak untuk lebih banyak sharing dan mengutarakan pendapat masing-masing.

Tujuannya adalah agar peserta mampu mengungkapkan pikirannya dan bisa mencerna apa yang mereka mau dalam menulis.

Ada banyak yang dibahas tetapi intinya ada 2, dan ini juga masuk dalam pekerjaan rumah yang harus dikerjakan dan akan dikumpulkan dalam pertemuan berikutnya.

Yang Pertama Visi. Dalam poin pertama ini saya menyarankan pada para peserta untuk menggali apa yang menjadi alasan mereka menulis ataungeblog. Para peserta harus bisa mengutarakan untuk apa mereka menulis.

Setelah mengungkapkan alasan dan tujuan dalam bentuk ucapan, selanjutnya saya meminta para peserta untuk menuliskannya dalam satu kalimat. Semacam jargon kalau di dunia marketing atau branding.

Jargon ini akan menjadi semacam pedoman bagi para peserta ketika mereka akan menulis. Jika mereka merasa tidak tau apa yang akan ditulis atau ragu, maka mereka bisa melihat pedoman ini agar menemukan kembali arahan dalam menulis.

Di pertemuan pertama ini juga dibahas kekurangan serta kendala yang dihadapi para peserta dalam menulis.

Yang kedua adalah bagan TWOS. Bagan ini saya adopsi dari bagan marketing yang biasanya digunakan untuk menganalisis berbagai hal, terutama peluncuran produk baru. Biasanya bagannya akan berupa SWOT, namun saya ubah ke TWOS. Kalau tidak salah dalam dunia marketing pun TWOS sempat dipopulerkan (tapi maaf saya lupa link artikelnya).

Dengan bagan ini saya berharap para peserta bisa mencatat dengan detail apa yang mereka miliki dalam diri mereka untuk proses menulis. Mulai dari Kendala (threat), Kelemahan (weakness), Peluang (opportunity) serta Kekuatan (strenght).

Peserta harus mengisi poin-poin ini secara jujur agar bisa mengerti secara mendalam, dimana kekurangan mereka, kendala apa yang dihadapi, dimana mereka memiliki peluang yang bisa didapatkan dalam menulis serta dimana mereka memiliki kekuatan dalam menulis.

Bagi saya ini proses merupakan proses yang penting, bahkan bisa jadi yang terpenting. Karena dalam proses ini kita bisa mengenali dengan jujur dimana posisi kita dalam menulis sebelum kita memutuskan untuk menulis.

Mengetahui posisi menjadi penting agar nanti dalam proses menulis blog bisa berkelanjutan dan tidak berhenti di tengah jalan. TWOS ini menjadi dasar pada proses menulis selanjutnya.

Jika Anda bertanya mengapa TWOS, mengapa saya memfokuskan pada kekurangan terlebih dahulu? Alasannya sederhana, ini berdasarkan pengalaman menulis yang saya hadapi.

Pada momen awal ketika saya memutuskan untuk menjadi full time blogger. Waktu itu saya tidak memiliki pengetahuan yang mendalam atas industri yang akan saya masuki. Saya pun tidak memiliki relasi yang cukup banyak untuk menjadi sumber berita bagi saya.

Karena sedari awal saya mengetahui letak kekurangan saya, maka saya tau bagaimana usaha yang harus saya lakukan untuk menambah pengetahuan dan menambah relasi. Saya membaca dengan ‘brutal’, dalam arti hampir setiap hari saya berada di depan layar komputer, setiap hari online untuk melahap apapun informasi yang berguna bagi pekerjaan saya.

Saya hadir di berbagai acara terkait bidang yang saya dalami, bergabung ke komunitas yang senada untuk menambah relasi dan mendapatkan informasi tentang berbagai produk baru.

Dengan mengetahui kekurangan kita terlebih dahulu maka kita bisa menentukan secara efektif usaha mana yang harus kita dorong agar kekurangan tersebut menjadi kekuatan dan akhirnya menjadi kelebihan.

Demikian kira-kira, pertemuan pertama berakhir dengan pekerjaan rumah yang saya berikan pada para peserta, yaitu untuk menuliskan satu kalimat yang akan dijadikan pedoman atau jargon untuk proses menulis dan yang kedua adalah mengisi dengan seksama bagan TWOS. Satu pekerjaan rumah tambahan adalah menuliskan harapan para peserta dengan mengikuti #blogDojo ini.

Terima kasih sudah membaca. Sampai jumpa di tulisan ‘rekaman’ tenteng kelas blogging di #blogDojo selanjutnya.

Artikel ini pertama kali dimuat di Medium/@wikupedia. Tentang blogDojo

11. March 2015 by wikupedia
Categories: opini | Tags: , , , , | Leave a comment

Leave a Reply

Required fields are marked *