Founder Harus Memakai Semua ‘Topi’

Salah satu artikel menarik dari founder Buffer saya temui ketika menjelajah Medium. Meski artikel ini berfokus pada pembahasan bagaimana seharusnya founder startup tanpa kemampuan teknis dalam menjalankan startup-nya, tapi ada satu bagian yang sangat menarik, setidaknya bagi saya.

‘The founding team should wear every hat’.

Itu adalah kalimat yang menurut saya sangat tepat, apalagi jika startup yang ada timnya masih kecil, traction masih terus struggle dan income masih kecil/belum ada.

Dengan memakai semua ‘topi’ founder atau co-founder akan memiliki pengetahuan secara mendalam tentang produk yang dikembangkan, semua sisi, baik susah maupun senangnya. Dan ketika tim akan bertambah besar maka founding team akan mengetahui mana yang terbaik dan sesuai dengan visi/misi startup yang dikembangkan.

Bukan berarti semua harus dikerjakan sendiri, tetapi proses adalah yang menjadi fokus. Ketika founding team ‘berkomunikasi’ dengan baik atas apa yang dikembangkan, maka mereka secara mendalam akan mengetahui perkembangan dan bisa memutuskan mana yang terbaik bagi startup-nya.

Silahkan baca secara lengkap artikelnya di tautan ini.

 

Gambar header: Wikupedia.

02. June 2015 by wikupedia
Categories: inspiration, opini | Tags: | Leave a comment

Leave a Reply

Required fields are marked *