Ide Untuk Lingkungan Sekitar Bagian 2: Trotoar Tracker

Ide ini sudah muncul sejak beberapa minggu lalu, tadinya saya mau ajukan ini pada program teman saya tetapi saya pikir akan lebih seru juga jika saya membagikannya di situs ini.

Jadi begini ceritanya. Saya tinggal di sebuah kota yang memiliki persoalan, yakni trotoar.

Trotoar di kota ini terkadang tidak representatif alias tidak menyenangkan, kadang sempit, kadang tidak layak dijalani karena banyak bolong atau kadang tidak nyaman saja untuk digunakan sebagai lokasi jalan kaki.

Tidak semua tentu saja, beberapa area sudah memiliki trotoar yang baik dan representatif untuk berjalan kaki, dan beberapa area trotoar sedang diperbaiki agar lebih nyaman digunakan untuk berjalan.

Untuk yang sedang diperbaiki terkadang ada pertanyaan di kepala saya, mengapa area itu yang diperbaiki terlebih dahulu bukan area yang sebelah sana. Sepertinya jalan itu lebih membutuhkan trotoar yang lebih lebar karena lebih banyak orang yang lewat. Mengapa trotar ini yang dibangun/diperbaiki dahulu?

Trotoar Tracker adalah sebuah perangkat (software dan hardware) yang bisa memecahkan masalah ini. Pada dasarnya perangkat ini adalah semacam dongle yang dipasang di wilayah banyak pejalan kaki untuk mengumpulkan data seberapa banyak orang yang lewat di jalan itu.

Data ini nantinya bisa diolah untuk menentukan wilayah mana yang lebih membutuhkan perbaikan trotar dan wilayah mana yang bisa ditunda karena orang yang lewatnya tidak terlalu banyak.

Trotoar Tracker juga bisa menentukan di wilayah tertentu banyak orang yang lewat sehingga membutuhkan trotoar dan dimana daerah yang mungkin lebih sedikit trotoar.

Semua jalan bisa jadi membutuhkan trotoar tetapi mana yang lebih dulu dibangun tentunya bisa diprioritaskan. Misalnya area sekolah atau area pusat perbelanjaan/cafe dimana biasanya banyak orang berjalan kaki. Atau area yang tidak ada angkutan umum sehingga biasanya orang berjalan ke area tertentu untuk bisa kemudian naik angkutan umum.

Trotoar Tracker juga bisa dikembangkan sebagai alat bantu untuk menentukan mana area yang membutuhkan lampu penerangan jalan. Dengan data berapa banyak orang yang lewat di daerah tertentu, yang bisa juga diketahu jamnya maka penggunanya bisa menentukan kebutuhan penerang di jalan tersebut, khususnya untuk penjalan kaki.

Tampilan perangkat ini yag saya bayangkan ada dua, satu perangkat dongle yang dilengkapi sensor (mungkin kamera untuk fitur lebih lanjut). Sensor ini nantinya akan menangkap gerakan orang yang berjalan di area tersebut ketika mereka melewati dongle.

Satu bagian lagi adalah aplikasi. Dongle ini nantinya bisa terhubung dengan aplikasi tertentu untuk mengakses data yang dihasilkan. Aplikasi juga bisa dilengkapi beberapa fitur tambahan seperti fitur untuk mengekspor data jadi infografis, fitur sharing ke layanan cloud untuk memudahkan menyusun laporan.

Untuk penempatannya sendiri, berhubung bentuknya tidak besar, dongle ini bisa ditempelkan di mana saja asal tidak mudah terjangkau untuk mengindari pencurian. Dan yang terpenting, alat pendeteksi dari sensornya tidak terhalang sehingga bisa berfungsi dengan baik.

Trotoar Tracker akan membantu pengguna perangkat ini untuk mendeteksi mana area yang urgent membutuhkan perbaikan atau mana aera yang membutuhkan trotoar jika beum ada. Perangkat ini juga bisa menjadi alat bantu untuk menentukan wilayah mana yang membutuhkan penerangan jalan.

Bagaimana menurut Anda? Apakah ide ini memungkinkan untuk dijalankan dan apakah akan berguna bagi banyak orang?

30. November 2014 by wikupedia
Categories: ide | Tags: | Leave a comment

Leave a Reply

Required fields are marked *