Karena Bekerja Remote Bukanlah (Hanya) Tentang Bekerja dari Rumah

Ketika pertama kali mengenal dan mempraktekkan kerja remote atau remote working, salah satu pemahaman saya adalah bekerja remote itu berarti bekerja dari rumah.

Selama beberapa waktu anggapan seperti ini diam di kepala saya. tapi semua berubah ketika saya akhirnya membaca buku Remote dari 37 signals.

Dalam buku itu, ada salah satu bagian yang menyebutkan bahwa bekerja remote bukan (hanya) tentang bekerja dari rumah tetapi lebih merujuk pada bekerja di tempat dimana kita bisa mengerjakan dan menyelesaikan sebuah pekerjaan secara baik (efektif, efisien dan baik).

Bekerja remote bisa dari rumah tetapi tidak melulu harus dari rumah. Kita bisa bekerja di cafe, coworking space atau bahkan kantor sendiri yang terpisah dari kantor utama atau tempat kita bekerja.

Bagi pekerja kantoran atau yang memiliki kantor seperti saya, bekerja remote bisa dari rumah, cafe atau tempat lain. Saya sendiri memilih bekerja di beberapa tempat, pagi dari rumah (agar bisa cepat menyelesaikan pekerjaan) dan siang hari bekerja dari coworking space.

Bagi pekerja lepas atau freelance, bekerja remote sepertinya sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan kerjanya.

Inti bekerja remote bagi saya bulan lagi masalah dimana akan bekerja, tetapi lebih pada dimana saya bisa menyelesaikan pekerjaan secara lebih baik.

Di Indonesia, meski pertumbuhan dan literasi kerja remote semakin baik, tetapi kita masih menghadapi berbagai keraguan akan masalah tercapainya target kerja. Bagaimana hasil pekerjaan bisa lebih baik dari yang bekerja di kantor.

Well, kita bicarakan tentang pencapaian target kerja untuk remote working di tulisan selanjutnya. Untuk sementara, semoga pembahasan atas pola pikir atas remote working yang saya bahas ini bisa memberikan ide dan membuka ruang diskusi tentang kerja remote.

Tulisan ini pertama kali di-post di Google+. 

07. March 2015 by wikupedia
Categories: opini | Tags: , , | Leave a comment

Leave a Reply

Required fields are marked *