Memulai Sesuatu yang Baru (Lagi)

Entah berapa banyak hal baru yang saya mulai. Apakah karena bosan? Pivot? Atau perasaan sayang jika ide tidak dijalankan.

Sebenarnya hampir selalu excited ketika memulai sesuatu yang baru, namun adakalanya juga exhausted. Pada sesuatu hal yang baru yang akan coba saya lakukan ini, saya berharap agak sedikit banyak. Berharap bahwa hal ini akan mengubah beberapa sisi dari kehidupan saya, ke arah yang lebih baik.

Mencoba prinsip minimalism

Saya agak lupa dari mana saya mendapatkan informasi tentang film dokumenter Minimalism: A Documentary About the Important Things’kalau tidak salah saya menemukan trailer dari timeline Facebook saya, menontonnya dan tertarik untuk mencari info lebih jauh.

Akhirnya saya menonton secara penuh film dokumenter tersebut, yang kalau tidak salah berdurasi satu jam lebih sedikit. Sebelum menonton filmnya secara penuh, alasan saya menonton trailer-nya adalah, sebuah harapan bahwa mungkin ini ‘hal’ yang saya cari beberapa bulan ke belakang. Sebuah ‘hal’ yang bisa memberi sedikit arahan untuk memperbaiki beberapa hal yang saya rasa agak kacau.

Sebuah ide yang berhasrat untuk saya jalani bukan hanya semacam informasi sambil lalu yang esoknya sudah saya lupakan.

Ada perasaan yakin dan keinginan untuk mencoba selama saya memonton film dokumenter tersebut. Saya mulai melihat-lihat situs Minimalist.com, mendaftar newsletter-nya dan membaca beberapa konten dan mencari informasi buku yang membahas tentang hal ini.

Lebih lanjut, saya mulai mereka-reka, apa saja hal dalam hidup saya yang bisa diperbaiki dengan prinsip minimalism ini. Saya menemukan beberapa hal, terutama dari hal sederhana terlebih dahulu seperti ingin membereskan kamar, menjual beberapa gadget yang jarang saya gunakan, sampai rencana untuk menyumbangkan pakaian yang sudah tidak pernah dipakai tetapi masih ada di lemari pakaian saya. Atau sesederhana untuk mencoba menjalankan prinsip hanya akan membeli baju sehari-hari dalam tiga jenis mode, kaos polos, kaos band dan kemeja Uniqlo.

Tentu saja saya masih mencoba untuk mencari tahu dan mendalami apa itu minimalism dan apa manfaat yang bisa saya dapat bagi diri saya, keluarga, teman dekat dan lingkungan sekitar saya. Namun dari definisi yang saya cuplik dari situsnya dan saya quote di bawah ini, saya menemukan beberapa hal yang, sepertinya saya butuhkan dan bisa membantu untuk berkembang ke arah yang lebih baik, menambah nilai pada hidup saya.

Minimalism is a lifestyle that helps people question what things add value to their lives. By clearing the clutter from life’s path, we can all make room for the most important aspects of life: health, relationships, passion, growth, and contribution.

Perjalanan baru akan dimulai. Semoga ke arah yang lebih baik.

15. January 2017 by wikupedia
Categories: inspiration | Tags: , | Leave a comment

Leave a Reply

Required fields are marked *