mencoba membagi pengetahuan di #blogDojo - wkpdLabswkpdLabs

mencoba membagi pengetahuan di #blogDojo

minggu kemarin, saya dan teman-teman saya mencoba membuat kelas untuk belajar blogging. kelas ini diadakan di HSbdg.

sebenarnya ini bukan kelas resmi dimana ada pengajar dan ada yang belajar, tetapi lebih pada kelas sharing dan saling berbagai antar peserta, meski memang ada satu orang yang memandu. kebetulan untuk belajar menulis blog ini, saya yang menjadi pemberi materi.

kelas pertama telah diadakan minggu kemarin. materi yang saya bagikan adalah materi yang sangat mendasar, dimana saya ingin mencoba membantu teman-teman peserta lain untuk menemukan alasan dan fondasi mereka sebelum masuk ke proses menulis sebenarnya.

mengapa tulisan ini saya masukan ke wkpdlabs? alasannya adalah karena ini adalah sebuah eksperimen.

dulu, ketika saya masih belum memutuskan untuk total di dunia blogging saya dan rekan saya sempat mendirikan semacam organisasi independen di dunia perbukuan, kami beberapa kali mengadakan pelatihan menulis. setelah saya pensiun dari industri perbukuan, saya aktif di tobucil, sebuah toko buku berbasis komunitas. di sana saya dan teman saya pun membuat kelas menulis, yang pada perjalanannya telah berhasil meluluskan beberapa angkatan.

nah, sudah lama sekali saya tidak membuat kelas. rasanya kemarin adalah waktu yang tepat untuk kembali belajar membuat komunitas.

bagaimana output kelas ini nanti? saya sendiri tidak tau, namanya juga eksperimen. hanya saja, satu yang pasti adalah, saya ingin teman-teman yang ikut kelas bisa mendapatkan fondasi menulis dan bisa memulai menulis secara rutin.

peserta di kelas ini memang terbatas. saya sendiri tidak ingin ada banyak orang dalam satu kelas, karena bentuk kelas sendiri adalah sharing, jadi membutuhkan waktu lama untuk saling bercerita. kalau peserta banyak, agak susah pengaturan waktunya.

bagi teman-teman yang ingin mengikuti perkembangan #blogDojo serta mengapa saya menggunakan nama #blogDojo bisa mengikuti ceritanya di https://medium.com/blog-dojo-1

mari sama-sama belajar dan semoga memberi manfaat.

15. April 2013 by wikupedia
Categories: news | Tags: , | Leave a comment

Leave a Reply

Required fields are marked *