One Meeting One Goal – dalam konteks bisnis

Ada banyak keluhan yang saya temui, jika menghadapi terlalu banyak meeting itu malah jadi gak efektif.

Dan itu ternyata terjadi juga pada saya sendiri.

Awalnya mungkin saya berpikir bahwa pertemuan dengan kolega/relasi pasti membawa sebuah jalan pada kesepakatan tertentu. Tetapi pada prakteknya banyak meeting yang ‘terbuang’ percuma, waktu terbuang dan kesepakatan tidak tercapai.

Solusinya.

Pertama, tentukan jenis ‘meeting’ apa yang akan kita lalui, apakah hanya ngopi-ngopi saja, meetup bareng teman atau memang benar-benar meeting yang akan merujuk pada kesepakatan bisnis.

Kedua, tentukan KPI dari meeting tersebut. Apa yang ingin dicapai, apa peluang yang ingin ditawarkan, apa kesepakatan yang ingin kita capai pada saat meeting tersebut. Ngobol ngalor ngidul pun bisa jadi KPI, yang penting tujuannya bisa terdefinisi.

Ketiga, tidak semua meetup adalah meeting. Kategorikan meeting mana yang penting untuk bisnis, mana yang memang untuk membangun jaringan.

Tidak semua meeting itu penting untuk bisnis tetapi pertemuan dengan kolega itu penting. Mungkin tidak dalam jangka pendek tetapi akan berguna untuk jangka panjang. Meski demikian, untuk yang jangka pendek, harus cukup ketat untuk menyaring, karena waktu adalah investasi yang harus diperhatikan.

Keempat, One Meeting One Goal. Untuk meeting yang masuk dalam kategori bisnis, di setiap meeting ditentukan dulu apa tujuan dari meeting tersebut, fokus pada tujuan itu dan coba untuk mencapainya. Setiap ‘goal’ diusahakan untuk selau dicapai. Menghemat waktu, merapihkan tujuan meeting.

Saya sendiri percaya bahwa, nongkrong, meetup, ngopi-ngopi serta pertemuan santai itu bisa membawa manfaat pada bisnis. Bisa menambah jaringan, membantu mendapatkan ide serta mendapatkan informasi terkini atas perkembangan industri. Bahkan ngobrol santai ‘tanpa tujuan’ pun pada dasarnya punya tujuan, asal pola pikir pas.

Mindset ‘meeting’-nya yang harus diubah, memilah mana yang penting dalan jangka pendek, mana yang untuk jangka panjang.

04. November 2013 by wikupedia
Categories: inspiration | Tags: , | Leave a comment

Leave a Reply

Required fields are marked *