Pengalaman Menggunakan Philips Fidelio M1

Kali ini saya diberi kesempatan untuk mencoba headphone dari Philips. Setelah sebelumnya saya berkesempatan untuk hands-on dengan 3 headphone premium Philips, kali ini saya mencoba seri awal dari model M1.

Philips Fidelio M1, begitu nama yang disandang headphone on-ear yang akan saya bahas. Seri ini merupakan kakak dari Fidelio M1MKII yang berharga fantastis meski dari sisi model ekterior tidak terlalu banyak perbedaan.

M1 2

Philips Fidelio M1 ini jika melihat dari boks yang ada dirilis tahun 2012, headphone yang satu ini menurut saya superior dari sisi model. Suara yang dihasilkan juga cukup menyenangkan untuk digunakan, saya mencobanya dengan mendengarkan musik termasuk lewat layanan streaming dan bermain game.

Sejatinya, headphone ini digunakan untuk keperluan mobile. Ringan serta sangat modis, beberapa fitur juga mendukung penggunaan untuk smartphone karena headphone ini dilengkapi dengan mic serta button untuk menerima panggilan yang bisa berfungsi juga untuk stop – play button ketika mendengarkan musik.

Dari sisi desain, Fidelio M1 terlihat sangat elegen dan eksklusif, dari foto yang saya muat Anda mungkin akan langsung tertarik dengan gagang headphone yang dibalut fine leathers dan menampilkan jaitan berwarna oranye, yang selain berfungsi untuk menyatukan penutup gagang juga menjadi elemen desain yang menjadikan headphone ini tampil keren.

M1 10

Dari sisi berat, headphone terasa cukup ringan ketika mengangkatnya, body yang mengkombinasikan aluminium dan plastik selain menjadikannya ringan juga menambah kesan tampilan yang keren. Saya bisa menentengnya dengan cukup meyakinkan.

Versi yang saya coba adalah warna hitam dengan elemen detail berwarna oranye. Kombinasi yang Philips lakukan ini menurut saya patut dipuji. Dengan desain serta berat yang telah saya ceritakan di atas, tampilan hitam dan elemen oranye ini menjadi penekanan bahwa Fidelio M1 ini adalah produk eksklusif yang bisa menambah keren mereka yang menggunakannya.

M1 18

Suara yang dihasilkan oleh Fidelio M1 ini cukup baik. Saya menggunakannya untuk beberapa jenis lagu serta untuk bermain game. Suara bass-nya sangat terasa dengan detail untuk suara lain pun terdengar.

Biasanya, enak tidaknya suara yang dihasilkan oleh headphone itu tergantung dari selera si pengguna. Sayangnya saya sendiri adalah pengguna headphone yang tidak menyukai dengan suara bass yang terlalu dominan, saya lebih menyukai headphone dengan suara bass yang terasa tapi tidak terlalu dominan, lebih ke-balance dengan suara lain.

Jadi Fidelio M1 ini saya gunakan terutama untuk mendengarkan lagu yang musiknya dominan pada suara bass. Selama menggunakan headphone ini untuk mendengarkan musik, meski preferensi kesukaan berbeda, saya tetap bisa menikmati keindahan desain dan suara menyenangkan yang dihasilkan headphone ini. Terlebih tentunya untuk musik yang bila bass-nya terdengar dominan akan lebih seru untuk didengarkan.

M1 8

Untuk game, saya mencoba menggunakannya untuk bermain game Dota2, meski memang bukan diperuntukkan sebagai headphone untuk bermaain game, ternyata M1 ini menyenangkan jika digunakan untuk bermain game, suara menggelegar ketika ada aksi di dalam game terasa sekali.

Untuk musik dengan dominan bass, seperti musik elektronik atau RnB serta beberapa musik pop, Anda akan mendapatkan kenyamanan yang menyenangkan ketika menggunakan headphone ini. Saya mencobanya dengan beberapa musisi dance favorit saya, dan rasanya, saya hanya ingin meninggikan volume dan bergoyang. :)

Peredam suara yang dihadirkan juga cukup oke meski untuk ketika kita mendengarkan musik dalam volume rendah, suara luar masih sedikit terdengar tetapi teredam dengan cukup baik ketika volume medium dan tinggi. Sayangnya, suara yang kita dengarkan dengan headphone ini masih sedikit bocor keluar pada volume tinggi, jadi mungkin tidak terlalu disarankan untuk mendengarkan musik terlalu keras ketika di ruang umum.

M1 16

Dari sisi teknologi sendiri, dikutip dari halaman resmi untuk Fidelio M1, Philips menghadirkan beberapa keunggulan, antara lain konstruksi akustik yang desain sedemikian rupa agar menghasilkan pengalaman mendengarkan yang baik, lalu double-layered-ear-shells yang ada di headphone ini juga disajikan untuk bisa mendengarkan detail suara dan penggunaan yang lama. Dan yang terakhir setiap bagian dari speaker driver yang ada dipilih secara spesial dan diuji untuk menghadirkan suara natural yang paling seimbang.

Dalam penggunaan untuk waktu yang lama, headphone ini memberi kesan cukup enak dan nyaman, meski saya masih berkeringat ketika menggunakannya dalam waktu satu jam lebih – bermain game. Bahan imitasi kulit yang ada cukup baik untuk membalut bantalan headphone tapi jika dilengkapi dengan bahan beludru, saya membayangkan akan lebih nyaman.

Kebel yang ada dibuat dari bahan yang bukan seperti kabel headphone biasanya, istilah pabrikannya adalah oxygen-free, fabric-lined cable. Kalau Anda pernah melihat kabel setrikaan jadul, nah bahannya mirip dengan itu, dari semacam kain bukan bahan seperti earphone kebanyakan.

M1 11

Ini menjadi baik karena ketika terlipat tidak mudah sobek dan tentunya dari sisi kualitas sinyal juga akan lebih baik. Selain itu, kabel Fidelio M1 ini bisa dilepas di bagian atasnya, sehingga memudahkan untuk penyimpanan. Fidelio M1 juga menyertakan fitur untuk bisa menerika panggilan, ada tombol play – stop serta berguna untuk menjawab panggilan yang bisa digunakan.

Saya sendiri belum mencoba fitur ini, dan menurut saya agak kurang sreg jika headphone yang terkesan premium ini digunakan untuk menelepon, tetapi jika melihat dari segmen yang ingin disasar Philips – Fidelio M1 ini, yaitu teman Anda untuk mobile, maka tentunya fitur ini menambah nilai. Karena Anda bisa mendengarkan musik dengan smartphone yang Anda miliki dan tetap bisa menerima panggilan ketika ada telepon masuk tanpa mencopot headphone.

M1 14

Overall, menurut saya, desain adalah salah satu nilai kelebihan paling utama di Fidelio M1 ini. Dari sisi suara sebernarnya Fidelio M1 juga cukup superior, sayang untuk tipe suara akan bergantung pada selera pengguna. Tetapi jika Anda menyukai musik dengan bass dominan serta menjadi penggemar headphone dengan bass yang powerfull, headphone ini adalah pilihan tepat bagi Anda.

Hal menarik lain adalah ketika saya meminjamkan sebentar kepada beberapa rekan kantor saya Fidelio M1 ini, dan dari semua yang mencobanya, kesan pertama yang didapatkan adalah mereka menyukai headphone ini.

M1 17

Philips Fidelio M1 ini dijual dalam kisaran harga £180 (di Amazon didiskon jadi £116.10 ). Sayangnya saya tidak menemukan seri yang saya coba ini di situs distributor resmi Philips.

Pengalaman yang cukup menyenangkan dengan Philips Fidelio M1, meski untuk menikmati headphone rasanya tidak akan cukup hanya mencoba satu minggu, apalagi saya tidak bisa menerka apakah headphone ini sudah burn atau belum karena tidak tau kapan pembelian awalnya.

Pengalaman mencoba headphone Philips ini juga membangkitkan selera saya akan headphone keluaran Philips. Saya memiliki satu headphone jenis over the ear yang masuk jajaran early level mereka dengan desain yang biasa-biasanya saja. Cukup menyenangkan melihat Philips merilis model dengan desain keren seperti Fidelio M1.

Disclosure: Saya ada kerja sama pribadi dengan Philips. 

17. October 2014 by wikupedia
Categories: gadget | Tags: , , , | Leave a comment

Leave a Reply

Required fields are marked *