Satya di Kurio dan Robot Beritagar

Sudah lamat tidak nulis tentang dunia startup, semoga post kali ini jadi pemancing untuk tulisan saya tentang startup yang lain.

Dalam beberapa hari ke belakang ada dua berita tentang startup yang menarik perhatian saya. Yang pertama adalah tentang salah satu teman, yang juga mungkin adalah salah satu orang yang paling terkenal di dunia startup lokal karena perusahaan yang didirikannya bersama dengan beberapa orang lain diakuisisi oleh Yahoo.

Yup, Satya Witoelar. Ia sekarang bergabung bersama dengan Kurio.

Ini menimbulkan ketertarikan saya karena, seingat saya (mohon koreksi jika salah), ini startup pertama Satya yang berupa produk konsumen setelah ia tidak lagi di Koprol. Memang ada Barito Labs yang dijalankan Satya bersama dengan Daniel dan Fajar (semuanya orang Koprol), tetapi seingat saya tidak ada produk konsumen yang mereka rilis.

Jadi ketika Satya kembali bersentuhan dengan produk konsumen, ini menjadi menarik. Saya penasaran bagaimana ‘sentuhan’ Satya akan hadir di Kurio. Satya sendiri menjadi VP of Product di Kurio.

Berita lain yang menarik perhatian saya adalah tentang Beritagar.

Saya cukup kenal dengan dengan layanan media yang satu ini, chief editor yang dulu saya kenal, yang sekarang pun saya kenal. Bahkan ketika kemunculan awalnya saya sedikit deg-degan dengan kehadirannya karena menurut saya produk ini cukup keren, baik dari sisi teknis, angle yang dipilih sebagai media dan pemilihan tema-tema tulisannya.

Sebuah media yang memiliki elemen teknis menurut saya akan sangat menyenangkan, karena di era perkembangan tekonologi dan internet dewasa ini, sebuah perusahaan atau produk media tidak bisa tidak harus memiliki unsur teknis untuk berkembang lebih lanjut.

Nah, yang menarik dari Beritagar, ternyata mereka tengah mempersiapkan sebuah robot (bot) yang akan membantu untuk memilah berita yang akan mereka hadirkan di Beritagar.

Sebagai orang yang bekerja juga di media, penggunaan bot yang membantu pekerjaan media adalah sebuah impian bagi saya. Bot yang ada bukan menggantikan kerja orang tetapi memudahkan, mendukung bahkan memaksimalkan pekerjaan awak media – manusia.

Kabarnya, Beritagar akan dirilis secara resmi dan ke luar dari mode beta November nanti. Saya penasaran akan ekseskusinya.

Foto: KurioID.

06. October 2014 by wikupedia
Categories: news | Tags: , , , | Leave a comment

Leave a Reply

Required fields are marked *