Sepertinya Menjanjikan, Tapi Who Knows?

Setiap kali ada inkubator, akselerator atau program VC yang mengumumkan daftar startup yang akan ‘dibina’ mata saya langsung melirik. Tapi excitement saya kadang dikecewakan oleh tipe startup yang masuk daftar. Ecommerce, social media, alias yang itu lagi, itu lagi segmen yang disasarnya.

Sama seperti ketika berita ini muncul, dengan langkah gontai yang skeptis sambil membuka link, membaca sebentar dan mulai meng-copy paste alamat startup yang masuk daftar ke browser karena entah kenapa DS kok gak ngasih link langsung.

Saya membuka dari daftar startup yang masuk acceleration stage. Satu per satu. Oke, ini cukup menarik. Lalu membuka ke daftar startup yang masuk stage berikutnya. Oke, ini cukup menarik. Setidaknya hanya ada satu startup analytics, dan ada satu enabler segmen yang lagi hip dan tren (barbershop) dan beberapa lagi, yang meski masuk menyinggung segmen ecommerce, tapi secara keseluruhan daftarnya terasa lebih variatif.

Kesimpulan awal, saya cukup tertarik dengan daftar nama yang masuk program akselerator Indigo kali ini. Yang membuat saya ragu justru brand yang ada di belakang program ini, yaitu Te**om. :D

Tapi di sisi lain, saya cukup menaruh harapan pada brand MDI Ventures dan tim yang ada di belakangnya, yang sudah cukup pengalaman dengan dunia per-startup-an. Dibuatnya beberapa stage dalam program kali ini juga menunjukkan bahwa pengkategorian bukan hanya dari tipe startup-nya saja tapi dari perkembangan atau pertumbuhan yang sedang dihadapi oleh mereka, yang menurut saya cukup baik karena memang proses akselerasi tidak bisa sama rata untuk semua startup.

Jadi, semoga startup yang masuk ke program ini bisa lebih berkembang dan bertahan, tidak seperti program yang lain dari perusahaan yang sama. *eh

Gambar header: Pixabay

08. February 2016 by wikupedia
Categories: opini | Tags: , | Leave a comment

Leave a Reply

Required fields are marked *