YouTube dan Masa Depan Streaming di Indonesia

Screen Shot 2014-05-04 at 8.37.29 PM

Ada perubahan yang saya amati ketika melihat orang membuka laptop mereka. Jika dulu mereka membuka Facebook sekarang berubah ke situs lain, yaitu YouTube.

Menonton video secara streaming dengan WiFi kafe atau tempat nongkrong kini menjadi lumrah, setidaknya di beberapa kafe di Bandung yang sempat saya amati.

Keadaan ini bagi saya cukup menarik dan menyenangkan. Ketika masyarakat umum sudah mulai mau mengakses dan berlama-lama di layanan YouTube, maka masa depan streaming di Indonesia bisa cerah.

Layanan berbentuk streaming akan menjadi lebih akrab dan mudah untuk dikenalkan. Lalu bagaimana dengan kualitas streaming-nya?

Meski masih jauh sempurna, kondisi yang saya temukan di atas memberikan sedikit gambaran bahwa ternyata kualitas internet di kita sudah lumayan cukup untuk menikmati layanan streaming. Terutama untuk layanan streaming yang sudah dioptimasi untuk wilayah yang kualitas internetnya masih biasa-biasa saja.

Kodisinya begini: jika orang umum saja sudah mau dan bertahan berjam-jam menikmati layanan streaming (dengan kualitas yang standar-standar saja) maka mereka sudah bisa menerima dan menikmati. Di sisi lain ini juga berarti layanan penyedia streaming sudah bisa melakukan optimasi bagi layanan mereka untuk kondisi lokal.

Ini membuka peluang bagi berbagai layanan streaming (tidak hanya video seperti YouTube) tetapi juga layanan streaming musik – yang pemainnya lebih banyak – untuk bisa populer dan digunakan oleh masyarakat yang lebih luas.

Saya setuju dengan pendapat teman saya, bahwa masa depan layanan musik streaming sudah semakin terbuka lebar. Mari kita lihat tahun ini.

04. May 2014 by wikupedia
Categories: opini | Tags: , | Leave a comment

Leave a Reply

Required fields are marked *